Situs KPK dan 9 Kementrian Lain Raih e-Transparency Award

eta2014

Sepuluh situs kementerian dan lembaga menerima penghargaan e-Transparency Award 2014 yang diselenggarakan Paramadina Public Policy Institute (PPPI). Salah satu situs yang terbaik menurut para juri dan survei publik, antara lain milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi. Acara yang diadakan oleh Paramadina Public Policy Institute (PPPI) berlangsung di Bali Room Hotel Kempiski, Jakarta Pusat, Kamis (20/11).

Empat kriteria penilaian adalah user experience, tata kelola situs, transparansi kinerja, dan transparansi keuangan. “Proses penilaian terhadap 47 situs kementerian dan lembaga yang ada di Indonesia dimulai dengan survei publik untuk menentukan situs favorit masyarakat. Survei dilakukan di 5 kota bekerjasama dengan universitas-universitas di kota tersebut,” ujar Direktur PPPI, Abdul Rahman Ma’mun.

Setelah proses publik survei selesai, maka pada tahap selanjutnya dilakukanlah survei pakar untuk memberikan penilaian terhadap situs-situs tersebut. Terdapat 120 orang yang disurvei dan 20 orang pakar yang menjadi juri di antaranya Muhammad Ikhsan (Paramadina Public Policy Institute), Rachmadin Ismail (detikcom), Firman Firdaus (National Geographic Indonesia), Iskandar Z (Kompasiana) dan Arie Sujito (Fisipol UGM).

Berikut adalah 10 peraih penghargaan e-Transparency Award:
1. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
2. Kementrian Keuangan (Kemenkeu)
3. Kementrian Kesehatan (Kemenkes)
4. Kementrian Perindustrian (Kemenperin)
5. Badan Pengawasan Obat dsn Makanan (BPOM)
6. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
7. Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)
8. Kemenko Kesra (sekarang Kemenko PMK)
9. Kementrian Perdagangan (Kemendag)
10. Kementrian BUMN

Download FACT SHEET dari e-Transparency award di sini (Maaf belum tersedia untuk sementara)

SUMBER



Leave a Reply