Selamat Datang,Direktur Riset PPPI!

 

Paramadina Public Policy Institute dengan senang hati mengumumkan bahwa kini kami telah memiliki seorang direktur riset. Beliau adalah Bapak Totok Amin Soefijanto yang resmi menjadi direktur riset PPPI sejak Juli 2015.

Pak Totok –begitu beliau sering disapa, bukanlah orang yang asing bagi PPPI. Sudah sejak 2013, Pak Totok memberikan kontribusinya sebagai senior fellow di PPPI dan memimpin beberapa proyek penelitian khususnya terkait dengan pendidikan.

Meski baru bagi PPPI, Pak Totok merupakan ‘orang lama’ di organisasi induk PPPI yakni Universitas Paramadina. Beliau merupakan Deputi Rektor bidang Akademik & Riset di Universitas yang didirikan Cak Nur ini sejak 2007.

Tentang latar pendidikannya, Pak Totok mendapatkan gelar Ed.D (Doktor Pendidikan) di bidang Kurikulum dan Pengajaran dari Boston University dan gelar MA (Master of Arts) di bidang Studi Komunikasi dari Emerson College di Boston.

Selama studi doktoralnya, dia menjadi asisten peneliti di Program untuk Kebijakan Kemanusiaan dan Riset Konflik di Harvard University. Beliau menjalani studinya dengan berbagai beasiswa di antaranya beasiswa Fulbright, Ford, dan Kelly E, Stephens Memorial Scholarships. Pada 2014, Pak Totok mendapat anugerah The First International Alumni Award dari almamaternya, Boston University School of Education.

Pak Totok pernah juga bekerja sebagai wartawan selama hampir 11 tahun di tiga majalah berita, berturut-turut dari TEMPO, Editor, dan Tiras.

Dia sudah menjadi penulis dan editor buku Integrated Marketing Communications: Success Story yang diterbitkan Gramedia pada 2012 dan salah satu penulis di buku “The Dancing Leaders 2.0”

Dari banyak pengalaman inilah, PPPI mempercayakan setiap basis metodologi riset dan analisis dari setiap proyek riset yang sedang dikerjakan. Beliau dipercaya dapat memperkuat proses analisis dalam setiap riset yang dijalani PPPI sehingga dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang kuat dan kontektual khususnya di bidang kebijakan publik.

Kuatnya proses analisis inilah yang selama ini juga menjadi kekuatan PPPI untuk terus hadir dan berupaya mempromosikan potensi-potensi dalam negeri melalui kebijakan-kebijakan yang tepat.

Selamat datang dan bergabung Pak Totok!



Leave a Reply