Indeks Inovasi Global 2019: Tingkat inovasi Indonesia masih rendah, di bawah Vietnam dan hampir setara dengan Kamboja Copy

Indonesia berada di peringkat 78 dari 129 negara dalam global innovation index 2019. Peringkat Indonesia tersebut dibahas dalam diskusi publik dengan topik “Peran Strategis Kekayaan Intelektual (HKI) dalam Memajukan Ekonomi Kreatif”, yang dilakukan oleh Paramadina Public Policy Institute/PPPI bekerjasama dengan Geneva Network, Senin, 30 September, 2019, di Universitas Paramadina, Jakarta.

Direktur Geneva Network Philip Stevens menilai peringkat Indonesia ini bahkan berada di bawah negara-negara ASEAN lainnya seperti Thailand (peringkat 43), Filipina (peringkat 42), Malaysia (peringkat 39), Vietnam (peringkat 37), dan Singapura (peringkat 15). Indonesia hanya berada di atas Kamboja (peringkat 84) dan Brunei Darussalam (peringkat 120).

Laporan yang dirilis oleh PPPI dan Geneva Network itu mengacu kepada pemeringkatan yang dibuat oleh World Intellectual Property Organization/WIPO (Organisasi Hak atas Kekayaan Intelektual Dunia). Adapun pemeringkatan tersebut berdasarkan 80 indikator di antaranya inovasi, situasi politik, pendidikan, infrastuktur, efisiensi bisnis, output kreatif, serta output pengetahuan dan teknologi. Ingin mengetahui lebih detail silahkan mengunduh file berikut.